Tuesday, August 19, 2014


sumber: adjiesalirus.com
Konsentrasi Belajar
 Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh...

     Sering sekali kita temui kasus bahwa para pelajar sekarang tidak bisa konsentrasi karena banyaknya masalah. Dimulai dari masalah tugas, PR, ulangan harian, dan sebagainya. Memang kurikulum 2013 yang teranyar ini sangat memberatkan para pelajarnya. Sehingga banyak pelajar yang merasa tertekan dengan kurikulum tersebut.

     Hal itu membuat para pelajar tidak bisa konsentrasi dengan baik saat guru menjelaskan materi di kelas. Tentu hal ini adalah salah satu hambatan terbesar bagi para pelajar.
Sebenarnya mudah untuk berkonsentrasi saat belajar, tapi itu perlu keseriusan dan latihan.

     Dibawah ini akan dijelaskan 9 cara simple untuk dapat berkonsentrasi. Ingat! 9 metode ini harus dilakukan secara kontinyu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Niat

sumber: diditho.com
Niat dalam hati

     Yang terpenting itu niat. Kalau kalian udah gak niat, ya percuma aja. Bayangin aja kalau kalian udah belajar tapi nggak niat itu rasanya udah males banget.

2. Have Fun


sumber: mybestcv.co.il
Have FUN !

     Di bawa santai aja, seneng-seneng, ketawa-ketawa, tapi tetep serius. Cara ini ampuh buat mengusir rasa ngantuk pas guru menjelaskan pelajaran. Masa iya, pagi-pagi udah cemberut dan nggak mood terus bawaannya :)

3. Lupain sejenak masalah

sumber: jogjatribunnews.com
Nggak ada masalah


     Anggap gak ada masalah. Dan pikiran kalian tuh isinya yang seneng-seneng semua. Tapi jangan berlebihan juga, yang ada nanti nyengir-nyengir sendiri.

4. Jangan pernah mencatat saat guru menjelaskan

sumber: harian-komentar.com
Guru yang sedang mengajar
     Cara ini juga ampuh untuk meningkatkan konsentrasi belajar, karena tubuh kita tidak melakukan aktivitas apapun.

5. Buat cara yang mudah diingat

sumber: icanbarelybreath95.blogspot.com
Buat rumus yang gampang

     Terus kalau bisa kalian cari cara sendiri, misalnya singkatan atau rumus yang bikin kalian mudah inget. Insya Allah dengan cara ini kalian akan mengerti dengan sendirinya.

6. Jangan sungkan bertanya

sumber: bkuad2012.wordpress.com
Malu bertanya sesat dijalan


     Tanya ke guru atau temen kalau masih bingung. Tapi kalau nanya temen, pas pelajaran udah selesai, biar tidak mengganggu materi yang disampaikan guru.

7. Berfikir positif terhadap guru

sumber: myoesuf.wordpress.com
Guru adalah orang tua kedua


     Usahain khusnudzon sama guru, anggap guru itu adalah tokoh yang menyenangkan dan tidak membuat kita bosan. Dengan cara ini, energi positif pun akan kalian rasakan.

8. Membaca do'a sebelum belajar


sumber: teruskan.com
Berdo'a sebelum belajar

     Berdoa itu memang perlu untuk melakukan segala aktivitas, karena dengan berdoa kita memohon kepada Allah swt untuk menerima ilmu-Nya.

9. Melaksanakan shalat Dhuha

sumber: tuntunanshalat.com
Melaksanakan shalat Dhuha

     Untuk kalian yang beragama Islam dan sekolah pagi, kalian bisa coba cara ini. Kegiatan ini bisa dilakukan saat istirahat, karena jam istirahat biasanya antara jam 9-11. Karena selain mendapat pahala, otak kita akan fresh kembali setelah berwudhu dan berdoa. Atau kalian dapat berjalan-jalan melihat taman sekolah kalian.

     Itulah beberapa cara yang telah kami rangkum, tentu saja hampir semua cara diatas sudah kami lakukan, dan hasilnya memang sangat work. SIlahkan kalian coba sendiri atau bersama teman kalian ya!

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh...

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. makasih gan! sangat membantu saya dalam menjalani kurikulum ini! :)

    ReplyDelete

Diam itu emas, tetapi bicara yang bermanfaat lebih baik dari emas.
Berkomentarlah dengan etika.

- Copyright © Iozy Blog -Shinpuru v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -