Saturday, November 15, 2014

iozy.blogspot.com
Sel hewan dan sel tumbuhan

Struktur dan bagian-bagian sel hewan maupun tumbuhan

A. Nukleus

Halo, namaku Nukleus. Aku merupakan bagian dari sel, baik sel hewan maupun tumbuhan.

Bentukku bulat oval seperti telur ayam atau bebek.
Aku adalah inti dari sel, berarti aku lebih kecil dari sel atau berada di tengah-tengah sel. Aku berukuran sekitar 10 mikrometer.

Aku mempunyai beberapa lapisan loh..

Yang pertama, nama lapisannya adalah membran inti. Di lapisan ini aku mempunyai 2 bagian membran inti, yaitu luar dan dalam.
Selanjutnya adalah nukleoplasma. Bagian ini berbentuk seperti gel yang berisi air, protein, ion-ion, enzim, dan asam inti.
Yang terakhir namanya adalah nukleolisis. Nah, ini merupakan anak dari nukleus, yang terbentuk dari proses transkripsi.

Tentunya sebagai inti sel aku mempunyai fungsi yang sangat penting bagi sel, apa saja?

1. Aku sebagai pusat pengendali seluruh aktivitas dalam sel, atau aku disebut juga sebagai otak dari sel.
2. Aku berfungsi dalam proses pembelahan sel.
3. Karena adanya pembelahan sel ini, aku juga berperan sebagai pembawa materi genetik dari sel.



B. Lisosom

Hai, aku adalah Lisosom. Aku adalah bagian dari sel hewan maupun tumbuhan.

Bentukku bulat kecil-kecil.
Aku berisi banyak sekali enzim-enzim hidrofilik.

Aku mempunyai fungsi-fungsi untuk aktivitas dalam sel, yaitu:

1. Aku melakukan pencernaan intrasel.
2. Aku juga dapat memilih dan memusnahkan struktur-struktur sel yang sudah tidak berguna atau disebut sebagai autofag.
 3. Yang terakhir aku juga rela menghancurkan diri sendiri untuk mengeluarkan isi lisosomku untuk kepentingan sel yang disebut juga autolisis.



C. Membran Vakuola (Tonoplas)

Halo semuanya! Namaku adalah Tonoplas, aku bukan nama orang, aku lebih sering disebut sebagai membran vakuola.

Uniknya aku hanya berada di sel tumbuhan saja, tidak seperti bagian sel lainnya.
Aku berbentuk seperti saudaraku yaitu membran plasma, tetapi lebih tipis.

Aku dapat mengangkut linarut keluar masuk vakuola, jadi tugas ku mengatur dan mengendalikan potensial arsel.
Aku juga merupakan membran tunggal yang menyelimuti vakuola.

Leave a Reply

Diam itu emas, tetapi bicara yang bermanfaat lebih baik dari emas.
Berkomentarlah dengan etika.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Iozy Blog -Shinpuru v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -