Thursday, July 3, 2014

Atmosfer sangatlah penting karena memiliki fungsi yang lengkap untuk melindungi planet Bumi dari benda asing di luar angkasa

Assalamu'alaikum wr wb

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi Bumi yang memiliki peranan yang sangat penting. Fungsi atmosfer adalah sebagai berikut:
- Penyaring sinar UV matahari dan penghalang meteor yang jatuh ke permukaan bumi
- Sebagai pengatur suhu bumi
- Tempatnya gelombang radio, TV, dan lain-lain.


Kemudian kami bagi fungsi atmosfer setiap lapisan dan pengertiannya menjadi 5 bagian:

1. Troposfer, merupakan bagian terdekat dengan permukaan bumi. Memiliki ketebalan 0-10 km dan tempat terjadinya gejala cuaca seperti hujan, petir, badai, dst. Pada lapisan ini, setiap ketinggian 100 m makan suhu udara akan berkurang hingga 0,5 - 0,64 derajat Celsius.

2. Stratosfer, lapisan kedua setelah Trofosfer dengan ketebalan 10-50 km diatas permukaan bumi. Disini tempatnya ozon berada. Karena adanya ozon menyebabkan semakin jauh dari permukaan bumi makan semakin tinggi suhunya disebabkan ozon yang menyerap cahaya matahari. Tetapi pada puncaknya yang disebut Stratopause dengan ketinggian 60 km suhunya hanya 0 derajat Celsius.

3. Mesosfer, terletak pada ketinggian 50-80 km diatas permukaan bumi. Pada lapisan ini, gelombang radi dipantulkan dan terjadinya perambatan UHF ( Ultra High Frequency ) dan VHF ( Very High Frequency). Perbatasan mesosfer dengan lapisan selanjutnya memiliki susuh sekitar -100 derajat Celsius.

4. Thermosfer, lapisan ini memilik suhu ratusan bahkan ribuan derajat Celsius dan terletak pada ketinggian >80 km. Gejala alam seperti pelangi, aurora, kilat, fatamorgana, dan halo terdapat pada lapisan ini. Puncak lapisan ini, yaitu thermopause memiliki tinggi 300-1000 km.

5. Eksosfer, terletak antara 800-1000 km diatas permukaan bumi. Lapisan ini merupakan lapisan yang paling panas dan terdapat ruang hampa udara atau sering disebut ruang antar planet geostasioner.

Itulah lapisan-lapisan atmosfer dan peranannya yang perlu kita ketahui sebagai khalifah di muka Bumi ini. Mohon maaf jika ada kesalahan informasi atau pengetikan.

Jika ingin meluruskan isi artikel ini silahkan memberi komentar atau kritik dan saran di kolom buku tamu.
Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial anda jika artikel ini bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr wb

Leave a Reply

Diam itu emas, tetapi bicara yang bermanfaat lebih baik dari emas.
Berkomentarlah dengan etika.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Iozy Blog -Shinpuru v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -